Senin, 5 Desember 2022
Advertisment
BerandaLiputanEvent300 Perenang Pemula Seluruh Jateng-DIY Ikuti Pluneng Fun Swimming

300 Perenang Pemula Seluruh Jateng-DIY Ikuti Pluneng Fun Swimming

Desa Pluneng, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, menggelar kejuaraan renang untuk perenang pemula. Kegiatan itu diikuti 300 peserta dari seluruh wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Kejuaraan bertajuk Pluneng Fun Swimming tersebut baru kali pertama digelar di Umbul Pluneng. Sedianya, kejuaraan digelar pada Minggu (19/12/2021). Pada hari itu, selama sehari penuh aktivitas wisata Umbul Pluneng ditutup lantaran digunakan untuk kejuaraan.

Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Tirta Sejahtera, Agus Hariyanto, mengatakan kejuaraan itu diikuti para pemula atau anak-anak yang selama ini belum memiliki prestasi dengan rentang usia empat tahun hingga 16 tahun.

“Peserta kami tutup di angka 300 orang karena kami menyesuaikan prokes [protokol kesehatan]. Walau peminat sebenarnya mencapai 1.500 orang. Antusiasnya luar biasa. Peserta dari Jateng dan DIY. Dari Klaten sendiri ada sekitar 70 orang,” kata Agus saat ditemui di BPBD Klaten, Senin (13/12/2021).

Agus menuturkan lomba itu diadakan bukan ditujukan untuk meningkatkan profit maupun promosi Umbul Pluneng. Kegiatan itu digelar untuk mewadahi serta untuk menemukan bibit-bibit perenang di wilayah Jateng dan DIY terutama Klaten.

“Dasarnya kami menggelar kegiatan ini karena semangat untuk bertanggung jawab atas keberlimpahan air. Desa kami punya limpahan air luar biasa. Hidup dari sana mulai ekonomi dan lainnya semua dapat. Lantas apa imbal balik yang kami berikan kepada alam? Akhirnya kami bikin kegiatan Syukuran Banyu yang sudah berjalan setiap tahun. Kemudian saat ini kami mencoba untuk mengambil peran menciptakan bibit atlet renang di Klaten. Kami tidak berpikir tentang profit maupun promosi,” jelas dia.

Agus mengatakan tak hanya terbatas pada kegiatan kejuaraan itu. Rencananya, BUM Desa Tirta Sejahtera akan merintis pembentukan klub renang di Umbul Pluneng pada awal 2022.

Kepala Desa Pluneng, Wahyudi, juga mengatakan kegiatan Pluneng Fun Swimming tak ditujukan untuk mencari profit. Dia berharap melalui kegiatan tersebut bisa memacu munculnya bibit atlet renang berprestasi asal Klaten. “Anak-anak yang belum memiliki prestasi juara juga perlu ditampilkan semangat mereka untuk bisa berprestasi,” kata dia.

Camat Kebonarum, Mudzakir, mengatakan dari hasil rapat dengan Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten di BPBD Klaten, Pluneng Fun Swimming mendapatkan rekomendasi untuk digelar. Namun, Mudzakir menegaskan kegiatan tetap digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

“Kegiatan ini untuk mewadahi para atlet pemula. Alhamdulillah, mendapatkan rekomendasi bisa dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat,” kata dia.

https://www.solopos.com/300-perenang-pemula-jateng-diy-ikuti-pluneng-fun-swimming-1215528?utm_source=terkini_desktop

TULISAN TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Terbaru

Komentar Terbaru